Hidayah Cintaku Cintamu dan cinta Kita

Manfaat Saling Memaafkan

Saling Memaafkan

Saling Memaafkan

Belajar untuk memaafkan itu adalah langkah positif untuk maju dalam hidup. Ini juga salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan rasa marah dan tidak puas hati yang terjadi antara kita dengan orang-orang disekeliling kita. Memaafkan kesalahan orang lain juga bisa menambah kehidupan kita menjadi ceria dan hubungan dengan orang lain pun menjadi lebih bermakna.

Jika orang-orang disekeliling kita berbuat kesalahan entah itu kekasih, TTM, teman, sahabat, suami, istri, atau saudara adakalanya kita sulit untuk memaafkannya. Kita merasa marah dan dongkol jika mereka seolah-olah tidak melakukan kesalahan. Malah tidak ada tanda untuk memohon maaf atau berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan mereka.

Sekiranya kita memilih untuk tidak memaafkanya, itu semua terpulang kepada kita tetapi ini justru akan melukai hati kita. Karena rasa dongkol, jengkel yang tidak pernah padam itu hanya akan membuat hati kita tambah sakit. Perasaan marah yang semakin menebal itu akan memperparah keadaan jika kita tidak melepaskannya. Tanpa disadari kita akan menyimpan kekesalan ini untuk selama-lamanya. Kemudian yang ada hanyalah stress yang lama-kelamaan akan membuaut kita sakit. Para dokter percaya bahwa diantara penyakit seperti kanker, darah tinggi dan lainnya disebabkan karena stress.

Nah, maka dari itu marilah kita saling memaafkan antar sesama umat. Karena sesungguhnya didalam maaf itu terdapat berbagai manfaat yang bisa kita ambil. Diantaranya saya tuliskan 10  Alasan/Manfaat kenapa kita harus memaafkan sesama.

1. Mengurangi Stress.

Penelitian menemukan bahwa dendam yang disimpan secara mental dapat membuat tekanan yang menyebabkan stess. Tubuhpun beraksi, otot-otot menegang, tekanan darah meningkat, dan keringat berlebihan. Apa gunanya menyimpan amarah dalam hati. Daripada kita menyimpannya dan menjadikan itu penyakit, kini saatnya saling memaafkan.

2. Menyehatkan Jantung.

Hubungan yang didasari rasa saling memaafkan terhadap sesama yang pernah menyakiti atau menghianati membantu kita memperbaiki tekanan darah dan detakan jantung. Semakin rendah tingkat kemarahan yang kita pendam maka akan semakin bertambah baik tugas atau kinerja jantung kita.

3. Hubungan bertahan Lama.

Dengan sifat pemaaf, wanita/pria terbukti mampu membuat hubungan bertahan lebih lama. Penelitian menemukan orang yang selalu memaafkan dan bermurah hati terhadap pasangannya akan lebih mudah menyelesaikan konflik. Jika sifat keras kepala dan ego selalu ditunjukkan oleh kedua pasangan, niscaya pertengkaran akan terjadi dan berhujung perpisahan.

4. Mengurangi Rasa Sakit.

Penelitian terhadap individu yang mengalami sakit punggung kronik menemukan, berlatih meditasi untuk mengendalikan rasa marah lebih berkesan mengurangi rasa sakit dan rasa tegang dibandingkan dengan terapi kesehatan biasa. Marah adalah perilaku yang bisa membuat individu berbuat negatif dan ini akan mengganggu kesehatan.

5. Lebih Bahagia.

Ketika kita memaafkan orang lain kita akan membuat diri sendiri merasa lebih bahagia jika dibandingkan dengan orang lain yang memaafkan kita. Penelitian yang dilakukan untuk membuktikan pendapat ini menemukkan individu yang membicarakan tentang soal kemaafan ketika psikoterapi lebih merasa bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak.

6. Menerima Pasangan Kita Apa Adanya.

Pendapat ini dianggap relevan jika kesalahannya itu kecil dan masih bisa dimaafkan. Bagaimana jika tidak? Kita “makan hati” sepanjang menjalin hubungan itu. Maka dari itu sebesar apapun kesalahan yang dilakukan pasangan kita sebisa mungkin untuk memaafkannya.

7. Dikagumi Melihat Reaksi Positif.

Ini ada kaitanya dengan nomor 6. Pasangan kita pasti memberi reaksi yang baik sebagai penghargaan bahwan kita memaafkan kesalahannya. Reaksinya akan berbeda ketika kita memberinya denda atau hukuman untuk menebus kesalahannya itu.

8. Terwujudnya Kasih Sayang.

Cinta seharusnya lahir dari sanubari, diikuti dengan tarikan fizikal yang membuat panca indera sering terpesona. Bukan Sebaliknya ya…?? J  Dengan melihat wajahnya saja sudah bisa mencairkan rasa marah, lantas kita mudah mengungkapkan rasa maaf.

9. Menjadikan Insan Yang Penuh Belas Kasihan.

Kita juga punya hati dan perasaan. Justeru itu kita tidak akan sanggup melihat si dia bersedih setelah menyadari kesalahan dirinya yang sering menyakiti hatimu.. Ayoo… Ampunilah dia..!!

10. Maafkan dan Melupakan.

Kita berusaha memaafkan dan coba sebisa mungkin untuk melupakan kesalahan orang lain. Keiklsan kita mungkin akan membawa kita untuk mengecap kkebahagiaan selamanya…

 

Wallahu ‘alam….

InTrend

Comments on: "Manfaat Saling Memaafkan" (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: